Rabu, Mei 13, 2015

Membuat Form Survei Pemustaka di Slims Cendana Dengan Google Form

Menambahkan Form survei Pemustaka Di Slims Cendana


Menambahkan Form survei Pemustaka Di slims dengan cara menambahkan file sub menu di file index.template.php yang berada di folder template yang anda gunakan, dengan sedikit memanfaatkan google form, kenapa saya memilih google form dikarenakan hasil dari survei bisa langsung kita olah dengan metode pengolahan data yang nantinya berguna untuk laporan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan fasilitas di perpustakaan yang anda kelola.

Baik tanpa berlama- lama langsung saja kita bahas bagaimana caranya membuat form survei di slims dengan tambahan sedikit kreatifitas anda.

  • Pertama yang anda lakukan adalah masuk ke akun gmail anda dan langsung menuju  ke aplikasi drive google, seperti gambar di bawah ini.

  • Setelah berada di dalam drive google anda, klik drive saya-file baru- google formulir, sebelumnya untuk mengetahui bagaimana membuat google form bisa langsung anda cari di google untuk tutorial yg lebih lengkap.

  • Buatlah daftar pertanyan yang diperlukan sesuai dengan institusi perpustakaan yang sedang anda kelola,  gambar dibawah ini adalah contoh hasil daftar pertanyaan yang telah dibuat.

  • Jangan lupa di publish hasil dari daftar pertanyaan yang telah anda buat di google form, dan alamat/URL nya lah nanti yang akan kita sematkan di slims.

  • Ok, selesai dengan pekerjaan untuk membuat form survei di google form, 
  • Kembali ke Slims, setelah selesai membuat form survei yang telah anda buat, saatnya membuat sub menu di slims anda, agar nantinya bisa kita tempel di slims, tambahkan Sub menu di file index_template.inc.php, jangan lupa sematkan alamat /URL google form yg telah anda buat, fungsinya agar ketika di klik menu survei langsung menuju halaman google form yg anda buat,  seperti contoh gambar dibawah ini

  • Hasil dari sub menu yg telah kita buat di index _template.inc.php akan tampil di halaman OPAC slims, maka ketika di klik otomatis akan menuju ke halaman google form sesuai dengan alamat/URL yang anda tambakan di index-template.inc.php, seperti contoh gambar dibawah ini.

  • Setelah selesai silahkan buka halaman OPAC Slims anda, dan lihat apakah sub menu yang anda buat di slims sudah muncul, maka otomatis ketika di klik kolom survei yang anda buat di sub menu OPAC slims akan menuju halaman google form yang telah anda buat sebelumnya, seperti contoh gambar dibawah ini.

  • Demikian cara membuat form survei di slims dengan google form dengan tambahan sedikit kreatifitas anda semoga bermanfaat.


Daftar Bacaan.
  1. Manual Slims 7 
  2. Google Form support 

Unknown

Author & Editor

IT- Librarian

1 komentar:

  1. ini nih,buat yang mau coba buat survey dengan form google..bisa dipakai di slims loh

    BalasHapus

 

Manfaat Sistem Otomasi Perpustakaan

  • enhance interactivity

    Apabila dirancang secara cermat, sistem otomasi dapat meningkatkan kadar, interaksi, baik antara pemustaka dengan pustakawan, baik antara sesama pemustaka , maupun antara pustakawan dengan koleksi (enhance interactivity).

  • time and place flexibility

    Mengingat koleksi yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh pemustaka melalui internet, maka pemustaka dapat melakukan akses terhadap bahan pustaka ini kapan saja dan dari mana saja.

  • potential to reach aglobal audience

    Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah pemustaka yang dapat dijangkau melalui sistem otomasi semakin banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat mengakses. Interaksi dilakukan melalui internet.