Kamis, Februari 25, 2016

Fitur Akasia

SLiMS versi terbaru, yaitu versi 8 (Akasia) telah dirilis. Pengguna SLiMS bisa langsung mengunduh-nya melalui tautan/link download yang telah disediakan pada menu Download atau pada bagian "RELEASE". Slims.web.id

Berbagai perubahan radikal muncul pada rilis Akasia kali ini. Selain dari sisi tampilan OPAC dan admin, beberapa penambahan fitur juga mengiringi rilis Akasia. Kebutuhan interaksi antara pemustaka dan pustakawan diwadahi dalam fitur web chat. Kebutuhan interoperabilitas MARC dibungkus dengan fitur eksport to MARC.

Pustakawan dapat menikmati panduan SLiMS tidak lagi harus membuka dokumen terpisah, namun dengan bermasis Markdown (.md), manual SLiMS dapat dibaca langsung pada aplikasi. Hal ini memudahkan pustakawan untuk melihat "contekan" ketika menemukan kesulitan dalam mengoperasikan SLiMS. Fitur yang sangat mendukung para peneliti terkait pengutipan, berbentuk tampilan format style daftar pustaka yang dapat dicopi oleh pemustaka dengan mudah di SLiMS.

Isu teranyar dunia perpustakaan, RDA (Resources Descriotion and Access) pun muncul pada rilis Akasia ini. Penasaran? silakan unduh dan nikmati berbagai perubahan SLiMS Akasia. Semuanya dapat diperoleh secara GRATIS dengan berbagai kemerdekaan, sebagaimana kebebasan dalam GPL v.3.

disini saya akan menulis beberapa fitur akasia yang telah saya coba aplikasikan, berikut beberapa fitur teranyar dari slims 8 akasia :


Tampilan OPAC atau Front End yang lebih praktis. Jadi gak bolak-balik dari Back End (admin) ke Front End (tampilan depan SLiMS untuk user).


Ada fitur news / berita misal khusus untuk pengumuman kegiatan perpustakaan,fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi unyuk event yang akan dilaksakan perpustakaan tempat anda bekerja.




Shortcut untuk memudahkan akses menu yang sering digunakan







Installer : pilihan upgrade atau baru, lebih memudahkan bagi pengguna untuk mengaplikasikan slims dalam proses upgrade. Pengguna dapat memilih proses upgrade/pembaruan system dengan beberapa pilihan, ini diharapkan dapat memudah kan pustakawan dalam mengoperasikan aplikasi slims





Hadir dengan logo baru, logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti yang membuat slims semakin power full dengan tampilan logo terbaru







Sebuah kotak pencarian pada halaman web melakukan fungsi yang sama dengan Google yang memungkinkan pengguna untuk menemukan konten yang spesifik di website kita. Memiliki Search Box adalah kebutuhan mutlak bagi kebanyakan website dan diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna website., dalam hal ini slims menggunakan search box dengan template yang sangat responsive, membuat tampilan OPAC semakin Powerfull.




Fitur citatcion : citation adalah suatu rujukan pada suatu teks atau bagian dari suatu teks yang menunjuk pada suatu dokumen dimana teks itu dimuat. ALA glossary of library and information science dalam hasugian (2005), Sitiran adalah suatu catatan yang merujuk pada suatu karya yang dikutip atau pada beberapa sumber yang memiliki otoritas. Kamus besar bahasa indonesia (2005) menyatakan bahwa, Sitiran adalah menyebut atau menulis kembali kata-kata yang telah disebut (ditulis) orang lain. Dalam arti sederhana adalah kutipan, di akasia fitur ini sudah ada, beberapa model citiran di kasia antara lain: APA Style, Chicago Style, MLA Style, Turabian Style, tinggal pemustaka memilih model sitiran seperti apa yang dibutuhkan untuk penulisan.







Ada fitur chat buat komunikasi. Fitur ini sangat membantu peustakawan dan pemustaka dalam berkomunikasi.



Resource Description and Access (RDA) adalah sebuah peraturan pengatalogan untuk materi perpustakaan, materi digital dan materi yang terdapat pada sistem sambung jaring (dalam jaring, taut jaring, online). RDA merupakan standar baru pengisian metadata bibliografis yang bisa diterapkan di SLiMS.

Jason pertukaran data XML sudah lama dikenal sebagai format pertukaran data yang banyak digunakan dalam aplikasi web, tetapi bukan berarti satu-satunya. Sekarang, JSON merupakan salah satu alternatif lainnya. JSON sebagai format pertukaran data baru tidak serta merta menghapus keberadaan XML yang sudah menjadi pendahulunya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun kini JSON telah didukung oleh berbagai bahasa pemrograman (proses parsing) sehingga memungkinkan penggunaan JSON lebih ramai dibandingkan dengan XML kedepannya. Pada akhirnya programmer sendirilah yang menentukan, apakah pakai JSON atau XML?



Link antar data bibiliografi merupakan fitur terbaru yang bias dimanfaatkan oleh pustakawan,menu merupakan related atau bahan yang berkaitan dengan yang hampir sama, seperti artikel yang kita tulis di blog related post.


Demikian sedikit ulasan saya tentang fitur-fitur terbaru  #Slims 8 Akasia  semoga informasi sederhana yang mungkin berguna untuk anda tentang fitur- fitur terbaru  #Slims 8 Akasia, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Unknown

Author & Editor

IT- Librarian

0 komentar:

Posting Komentar

 

Manfaat Sistem Otomasi Perpustakaan

  • enhance interactivity

    Apabila dirancang secara cermat, sistem otomasi dapat meningkatkan kadar, interaksi, baik antara pemustaka dengan pustakawan, baik antara sesama pemustaka , maupun antara pustakawan dengan koleksi (enhance interactivity).

  • time and place flexibility

    Mengingat koleksi yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh pemustaka melalui internet, maka pemustaka dapat melakukan akses terhadap bahan pustaka ini kapan saja dan dari mana saja.

  • potential to reach aglobal audience

    Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah pemustaka yang dapat dijangkau melalui sistem otomasi semakin banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat mengakses. Interaksi dilakukan melalui internet.