Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja[1]. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasidan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.(wikipedia)
Apa saja Keuntungan E-Learning
- Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta dengan fasilitator (enhance interactivity) =Apabila dirancang secara cermat, pembelajaran elektronik dapat meningkatkan kadar, interaksi pembelajaran, baik antara peserta dengan fasilitator, antara sesama peserta , maupun antara peserta dengan bahan belajar (enhance interactivity).
- Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility) = Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta melalui internet, maka peserta dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja. Demikian juga dengan materi pembelajaran, dapat diunduh melalui elearning.
- Menjangkau peserta dalam cakupan yang luas (potential to reach aglobal audience) = Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah peserta yang dapat dijangkau melalui kegiatan pembelajaran elektronik semakin banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat belajar. Interaksi dengan sumber belajar dilakukan melalui internet.
- Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities) = Fasilitas yang tersedia dalam teknologi internet dan berbagai perangkat lunak (software) yang terus berkembang turut membantu mempermudah pengembangan bahan belajar elektronik.
- Materi lebih mudah diserap = Lebih mudah untuk diserap, artinya ialah menggunakan fasilitas multimedia yang berupa suatu gambar, teks, animasi, suara, dan juga video.
- Any time = Tersedia dalam 24 jam per hari , artinya ialah penguaasaan dalam materi tergantung pada semangat dan juga daya serap peserta, bisa dimonitor, diuji dengan pre-test dan post-test.
Demikian sedikit ulasan saya tentang E-Learning, semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar