Sabtu, November 23, 2013

Menampilkan Penghitung Pengunjung SliMS Meranti


  • Pendahuluan
Modul ini dapat dipanggil melalui (sesuaikan dengan alamat SLiMS anda): http://localhost/s5/?p=visitor
Tampilannya adalah sebagai berikut:


                Sebelumnya seperti penjelasan di manual meranti Pengunjung perpustakaan dibedakan menjadi 3; Anggota yang sudah terdaftar dan masih aktif, anggota terdaftar dan tidak aktif (habis masa berlaku kartu anggota) danpengunjung yang bukan anggota/tidak terdaftar.
Jika sudah terdaftar, maka pengunjung cukup menuliskan Member ID pada kolom atas, kemudian tekan Enter atau klik Add. Maka data sudah tersimpan 1 x kunjungan lengkap dengan jam dan tanggal kunjung. Jika anggota tidak aktif (tapi terdaftar), maka sistem akan memberitahukan bahwa masa keanggotaan anggota sudah expired. Namun jika bukan anggota terdaftar, maka harus secara manual menuliskan Nama dan Institusi (wajib).
Untuk keamanan dan validitas proses absensi pengunjung, Visitor Counter ini dapat di seting hanya komputer dengan Internet Protokol tertentu saja yang dapat mengak-ses. Pengaturan ini terdapat dalam file visitor.inc.php yang ada dalam
folder /senayan/lib/contents/visitor.inc.php. Scriptnya adalah sebagai berikut:
$allowed_counter_ip = array(’127.0.0.1’);
Pada script diatas, 127.0.0.1 merupakan IP address yang diijinkan untuk mengakses visitor counter. Jika ada lebih dari satu komputer maka IP Address komputer yang bersangkutan harus diisikan didalam script diatas. Misalnya, komputer dengan IP 10.45.1.1, 10.45.1.2 dan 10.45.1.3, maka penulisannya adalah:
$allowed_counter_ip = array(’10.45.1.1’, ’10.45.1.2’,’10.45.1.3’);
Laporan kunjungan ini dapat dilihat pada modul reporting. Namun demikian akses ke IP Server akan terganggu jika broser anda menggunakan proxy. Oleh karena itu,anda dapat menghapus seting proxy menuju server SLiMS anda.
Nah Bagaimana membuat halaman visitor itu muncul pada saat anda memanggil halaman OPAC, sehingga pengunjung yang ingin mencari buku harus terlebih dahulu mengisi modul visitor, sehingga Perpustakaan  mendapatkan data dari setiap pengunjung yang menggunakan OPAC perharinya. Seperti terdapat pada menu pelaporan seperti gambar hasil dari kunjungan mealui OPAC.

Selain itu sebagian perpustakaan juga membutuhkan laporan pengunjung OPAC perharinya, nah disini saya menggunkan menu visitor itu sebagai halaman OPAC pada SliMS, kenapa saya lebih memilih menu visitor dihalaman awal, karena  kalau dalam bentuk menu pemustaka jarang mau untuk mengisi form visitor, sebaliknya kalau menu visitor dijadikan tampilan halaman OPAC,  pemustaka tidak perlu repot untuk mencari menu visitornya, seperti contoh OPAC dari perpustakaan UNSYIAH : http://uilis.unsyiah.ac.id/opac/ . sebelum melakukan pencarian bahan pustaka di OPAC, pemustaka terlebih dahulu diminta mengisi form pengunjung (visitor).
  • Modifikasi Halaman Awal OPAC Menjadi Halaman Visitor
Menu visitor ini sudah ada sebelumnya,tapi kenapa tidak  timbul otomatis saat membuka halaman OPAC .
opac:
index.php -> default.inc.php

visitorcounter:
index.php -> visitor.inc.php

yang telah di modifikasi:
index.php -> visitor.inc.php -> direct.php ->default.inc.php

direct.php ini adalah index.php yang belum di modif dan dirubah namanya menjadi direct.php, Fungsinya untuk menampilkan halaman pegunjung di halaman OPAC.
Caranya seperti ini:
  • Terlebih dahulu copy file index.php dan rename dengan direct.php : kemudian file ini simpan di mana anda meletakkan file index.php (tergantung dimana direktori komputer masing2)seperti pada gambar:
  • Rename default.inc.php menjadi  visitor.inc.php  pada baris 98 yang terdapat di file index.php
  • Setelah itu sisipkan script dibawah ini pada file visitor.inc.php pada baris 107

}
echo '';
              Sisipkan script diatas setelah script dibawah terdapat pada baris 105
 if ($expire) {
echo '
#f00

;">'.__('Your membership already EXPIRED, please renew/extend your membership immediately').'';}
  • Edit file index_template.php yang terletak di  template\default (tergantung dimana direktori komputer anda) dengan cara replace semua yang ada kata index.php menjadi direct.php ,pada file index_template.php
  • Masih di file index_template.php, setelah itu modifikasi fitur back pada hasil pencarian dan detail pencarian, fitur visitor yang tampil dihalam awal, sehingga kembali kehalaman hasil pencarian tidak dikembalikan ke visitor counter.
Caranya yaitu dengan mereplace script dibawah ini , masing- masing pada baris 195, 288, 315

 
Replace script diatas dengan script dibawah ini:


  • Hasilnya
  • Selamat mencoba :D
NB:
  1. Tutorial ini hanya berjalan di tampilan template default meranti, sedangkan untuk tampilan lainnya belum dicoba.
  2. Backup terlebih dahulu file2 yang lama sebelum melakukan modifikasi, agar tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan :D
Terima Kasih :
  1. Group Seulanga SLiMS Community (SSC) https://www.facebook.com/groups/seulanga.slims/
  2. Manual Dokumentasi SliMS Berdasar SLiMS-5 (MERANTI)
  3. Credit to mas Muammar Kadafi --- >https://www.facebook.com/amare.elkadev
  4. Agus Widianto --- > https://www.facebook.com/agsmtw
  5. Perpustakaan Unsyiah  --- >  http://uilis.unsyiah.ac.id/opac/

Silahkan download tutorialnya disini

Unknown

Author & Editor

IT- Librarian

2 komentar:

  1. mas saya mengalami kesulitan untuk mengikutinya, bisa tolong pakai vidio gk untuk menjelaskan caranya ?
    oh iya itu bisa digunakan untuk slims cendana atau tidak yah ?
    mohon bantuannya yah, terimakasih

    BalasHapus
  2. wah ternyata FB saya dimasukin juga, semangat mas!

    BalasHapus

 

Manfaat Sistem Otomasi Perpustakaan

  • enhance interactivity

    Apabila dirancang secara cermat, sistem otomasi dapat meningkatkan kadar, interaksi, baik antara pemustaka dengan pustakawan, baik antara sesama pemustaka , maupun antara pustakawan dengan koleksi (enhance interactivity).

  • time and place flexibility

    Mengingat koleksi yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh pemustaka melalui internet, maka pemustaka dapat melakukan akses terhadap bahan pustaka ini kapan saja dan dari mana saja.

  • potential to reach aglobal audience

    Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah pemustaka yang dapat dijangkau melalui sistem otomasi semakin banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat mengakses. Interaksi dilakukan melalui internet.