Jumat, Februari 12, 2016

template classic di slims akasia

SLiMS versi terbaru, yaitu versi 8 (Akasia) telah dirilis. Pengguna SLiMS bisa langsung mengunduh-nya melalui tautan/link download yang telah disediakan pada menu Download atau pada bagian "RELEASE". Slims.web.id

Berbagai perubahan radikal muncul pada rilis Akasia kali ini. Selain dari sisi tampilan OPAC dan admin, beberapa penambahan fitur juga mengiringi rilis Akasia. Kebutuhan interaksi antara pemustaka dan pustakawan diwadahi dalam fitur web chat. Kebutuhan interoperabilitas MARC dibungkus dengan fitur eksport to MARC.

Pustakawan dapat menikmati panduan SLiMS tidak lagi harus membuka dokumen terpisah, namun dengan bermasis Markdown (.md), manual SLiMS dapat dibaca langsung pada aplikasi. Hal ini memudahkan pustakawan untuk melihat "contekan" ketika menemukan kesulitan dalam mengoperasikan SLiMS. Fitur yang sangat mendukung para peneliti terkait pengutipan, berbentuk tampilan format style daftar pustaka yang dapat dicopi oleh pemustaka dengan mudah di SLiMS.

Isu teranyar dunia perpustakaan, RDA (Resources Descriotion and Access) pun muncul pada rilis Akasia ini. Penasaran? silakan unduh dan nikmati berbagai perubahan SLiMS Akasia. Semuanya dapat diperoleh secara GRATIS dengan berbagai kemerdekaan, sebagaimana kebebasan dalam GPL v.3.

setelah beberapa hari mencoba beberapa fitur terbaru dari  SLiMS Akasia saya tertarik dengan template.
kali ini saya mencoba template classic karya mas ido alit

- pada halaman OPAC tampac minimalis dan sangat user friendly sehingga tampilan sangat keci dan kekinian.



- Pada halaman hasil pencarian hampir sama dengan halam OPAC,namun beberapa fitur belum bisa berfungsi: seperti tombol share media sosial belum berfungsi setelah saya coba, namun disisi lain seperti tombol citacion sudah bisa berfungsi.



- Selanjutnya hasil detail pencarian sangat kekinian, hal ini tampak seperti model classic yang modern,perpaduan warna latar yang blank putih sangat membuat kekuatan desain warna yang sangat menarik.



- Disisi halaman visitor tampak jelas kesederhanaan template classic, perpaduan warna yang tidak terlalu mencolok membuat visitor counter user friendly.






Setelah menggunakan template ini saya merasa cocok jadi rekomendasi tamplate Slims yang anda gunakan, dan template ini sangat layak menjadi rekomendasi.dan tentunya open source tetap menjadi alternatif pilihan saat aplikasi perpustakaan banyak bertebaran dimana- mana, dan slims layak menjadi aplikasi pilihan teman- teman pustakawan yang bekerja di perpustakaan.


Unknown

Author & Editor

IT- Librarian

0 komentar:

Posting Komentar

 

Manfaat Sistem Otomasi Perpustakaan

  • enhance interactivity

    Apabila dirancang secara cermat, sistem otomasi dapat meningkatkan kadar, interaksi, baik antara pemustaka dengan pustakawan, baik antara sesama pemustaka , maupun antara pustakawan dengan koleksi (enhance interactivity).

  • time and place flexibility

    Mengingat koleksi yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh pemustaka melalui internet, maka pemustaka dapat melakukan akses terhadap bahan pustaka ini kapan saja dan dari mana saja.

  • potential to reach aglobal audience

    Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, maka jumlah pemustaka yang dapat dijangkau melalui sistem otomasi semakin banyak atau meluas. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Siapa saja, di mana saja, dan kapan saja, seseorang dapat mengakses. Interaksi dilakukan melalui internet.